Unit AC mobil sering kali mudah terlewatkan – sampai mengalami kerusakan. Dan ketika itu terjadi, seringkali terlambat untuk prosedur pemecahan masalah yang sederhana. Tidak seperti unit rumah tangga Anda, unit AC otomatis Anda lebih kompleks.

Unit AC otomatis Anda adalah sistem yang berfungsi sangat mirip dengan sistem kardiovaskular Anda. Kompresor adalah jantung yang memompa zat pendingin yang disebut Freon ke seluruh unit AC. Freon, kombinasi gas dan cairan, menyebabkan udara menjadi dingin saat dikompresi.

Seperti unit AC rumah tangga biasa, sistem AC otomatis Anda tidak akan berfungsi sebagaimana mestinya saat level Freon rendah. Pastikan Anda memiliki mekanik memeriksa level Freon secara teratur sebelum unit mengalami kerusakan besar.

Kemampuan Freon untuk membawa udara panas pergi dan meninggalkan udara dingin bergantung pada tekanan yang diberikan padanya. Udara yang masuk ke kondensor membantu dalam proses ini. Inilah alasan mengapa, terkadang, untuk model lama pendingin ruangan, suhunya lebih dingin saat mobil melaju dengan kecepatan penuh daripada saat diam. Hal ini memungkinkan kompresor untuk memompa Freon lebih keras dan lebih cepat. Oleh karena itu, sistem AC beroperasi jauh lebih efisien.

Untuk menjaga kinerja unit AC otomatis berjalan lancar, dan untuk mencegah perubahan suhu, pastikan kipas pendingin elektrik yang menyerap udara berfungsi dengan baik. Ini harus berputar sangat cepat agar efektif.

Motor yang terlalu panas memengaruhi fungsi AC mobil Anda, seperti halnya semua aspek performa kendaraan. Saat motor melesat, kipas mungkin tidak bekerja seefisien seharusnya. Panas tambahan yang berasal dari motor juga akan menyulitkan AC untuk mendinginkan mobil. Pastikan Anda merawat motor Anda. Selalu siapkan air untuk mendinginkan motor Anda dan mencegahnya dari panas berlebih.

 

sumber : service ac pekanbaru